logo prediksibasket
nba association logo nba logo ibl ibl league
Prediksi Prediksi
Cuplikan Cuplikan
Profil Tim Profil Tim
  • Profil Bima Perkasa Jogja
  • Profil CLS Knights Surabaya
  • Profil Bank BJB Garuda Bandung
  • Profil Hangtuah Sumsel
  • Profil JNE Siliwangi Bandung
  • Profil NSH Jakarta
  • Profil Pacific Caesar Surabaya
  • Profil Pelita Jaya
  • Profil Satria Muda Pertamina Jakarta
  • Profil Satya Wacana Salatiga
  • Profil W88.News Aspac Jakarta

Profil BIMA PERKASA JOGJA

Awalanya bernama Bima Sakti, klub ini kemudian berpindah ke Jogja dan mengganti nama menjadi Bima Perkasa Jogja. Tidak hanya berpindah kota dari Malang ke Jogjakarta, Andika Bastian Kosasih juga ditunjuk sebagai pelatih kepala Bima Perkasa. Ia menggantikan duet pelatih sebelumnya Oei A Kiat dan Iwan Muryawan.

Manajer Bima Sakti Andreas Kobo mengatakan, Andika sudah berada di Jogjakarta dan sudah memimpin latihan perdana dengan pemain di GOR Klebengan, Rabu pagi (30/11). Penunjukan Andika menurutnya pemilihan yang tepat. Mengingat dia termasuk pelatih berpengalaman.

# PLAYER POS
1 Rizky Alfian SF
2 Tyrell Corbin PG
3 Rodmundus Ray PG
4 Modestus Utu. P PG
5 Leonardus Cahyo SG
7 Ichsan Satria SG
8 Tertius Toas Poli G/F
9 Edo Rizki Fahminda SF
11 M. Alan As'adi SG
12 Ali Mustofa PF
13 Oleh Halim PG
15 Yanuar Dwi Priasmoro PF
21 Jamine Petterson F/C
24 Moh Saroni C

 

Profil CLS KNIGHTS SURABAYA

Chun Lik She ( Baca : Cun Li Se), yang Artinya adalah Perkumpulan yang di dasari oleh kekuatan bersama. Itulah sebenarnya nama asli dari CLS Knights, sebuah klub bola basket yang di dirikan oleh yayasan yang mayoritas terdiri dari orang-orang keturunan etnis Tionghoa di Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Akan tetapi, pada jaman Orde Baru di larangnya pengunaan nama organisasi dengan mengunakan bahasa Mandarin atau bahasa lain, maka nama tersebut di rubah menjadi Cahaya Lestari Surabaya (CLS).

CLS di dirikan pada bulan Februari tahun 1946, sebagai sebuah para penggemar bola basket, yang berawal dari sebuah rutinitas di sekolah. Tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 1949, Yayasan CLS berhasil membangun sebuah lapangan basket outdoor sebagai sarana utama dalam pengembangan olahraga bola basket bertepat di jalan Indrapura, kota Surabaya. Selama lebih dari setengah abad, dari tahun ke tahun CLS selalu menciptakan pemain-pemain yang terpilih dalam tim nasional Indonesia baik itu Putra maupun Putri.

Pada tahun 1990, kami mendapatkan kepercayaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur berupa sebidang tanah dengan luas 4000 m2, untuk membangun sebuah gedung olahraga tertutup (GOR) bertaraf Internasional khusus untuk olahraga bola basket. Gedung tersebut yaitu Gedung yang kami miliki sekarang atau yang kerap di sebut dengan nama GOR Kertajaya. Dan Gedung tersebut di resmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, yakni Bapak H. Basofi Sudirman pada tahun yang sama.

Sejak tahun 1994, tim basket kami mulai bergabung kedalam liga bola basket profesional di Indonesia (dari nama liga Kobatama sampai NBL Indonesia). Pada tahun 2007, terjadi perombakan tim dan masuknya manajemen baru. Agar meringankan manajemen tim dan keuangan, kami mengundang partisipasi dari mitra kami Bapak Christopher Tanuwidjaja dan nama dari team bola basket kami menjadi CLS Knights.

Pada tahun 2011, ketika liga profesional bola basket di Indonesia terjadi perubahan organisasi, dan nama menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia. Pada tahun itu, CLS Knights sukses masuk ke partai puncak dan meraih gelar runner-up. Raihan tersebut merupakan sebuah rekor baru yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya. Dan hasil itu merupakan hadiah terindah dalam ulang tahun kami yang ke 65.

Saat ini, CLS Knights terus berupaya untuk meningkatkan prestasi demi prestasi di kancah basket profesional dan terus membantu memajukan olahraga bola basket di Indonesia. Dan dengan kerap mengikuti berbagai turnamen di luar negeri, kami bertujuan untuk terus membuka wawasan para atlit bola basket untuk mengembangkan kemampuan mereka di level yang lebih tinggi lagi.

Selain menciptkan prestasi di dalam lapangan, Visi CLS Knights yang tak kalah penting adalah menciptakan sumber daya yang mumpuni dalam kehidupan. Caranya adalah dengan menekankan dan memberikan sebuah pendidikan bermutu untuk para atlit. Dengan pendidikan yang baik akan berimbas kepada manusia yang baik pula, dan lewat pendidikan juga akan menjadi pedoman kehidupan atlit di masa yang akan datang.

Profil BANK BJB GARUDA BANDUNG

Garuda Bandung berdiri pada tahun 1991 dengan nama Hadtex Indosyntec Basket Ball Club yang didirikan oleh Direksi PT Hadtex Indosyntec. Perusahaan yang didirikan pada 6 April 1973 ini adalah perusahaan tekstil terbesar dan terkenal di Indonesia pada zamannya. Pada tahun kedua keikutsertaannya di liga bola basket Kobatama tahun 1994, Hadtex yang pada saat itu berganti nama menjadi Panasia Indosyntec meraih juara umum di Kobatama.

Sejak tahun 1994, tim asal Bandung ini berganti nama seiring dengan penambahan sponsor serta kepemilikan tim. Mulai dari bernama Hadtex yang ketika itu masih bertanding di kompetisi Kobatama, kemudian menjadi Panasia Indosyntex, Panasia Senatama, Garuda Bandung, Garuda Flexi Bandung, dan terakhir Garuda Kukar Bandung. Kini klub basket asal Kota Bandung ini akan terus menggunakan nama tetap yaitu Garuda Bandung.

 

 

Profil HANGTUAH SUMSEL

Pada awalnya, tim ini merupakan hasil kerja sama Pengurus Provinsi Perbasi Sumsel, Yayasan Hangtuah Indonesia, dan Pemkab Muba (Musi Banyuasin).Hangtuah Sumsel adalah klub binaan dan dibentuk atas inisiatif dari H. Alex Noerdin ketika masih menjabat Bupati Muba, dengan nama Muba Hangtuah. Hangtuah yang kerap tampil membawa nama Muba dan Sumsel khususnya,kemudian berubah nama menjadi Hang Tuah Sumsel Indonesia Muda (HANGTUAH SUMSEL IM). Lalu pada IBL 2016, nama tim berganti menjadi Hangtuah Sumsel (HTS).

Beberapa mantan pemain utamanya antara lain ialah Adhitya Tuhangono, Chandra Nurhadi, Hapsak Merdeka Putra, Roberto Santo Yunarto dan masih banyak lagi. Pelatih tim basket Hangtuah saat ini ialah Paul Mario Sanggor.

 

 

Profil JNE SILIWANGI BANDUNG

BSC Bandung Utama adalah gabungan dari 2 klub bola basket yang bernama BSC Jakarta dan juga Bandung Utama. BSC Jakarta telah mulai ikut berkompetisi di liga bola basket tertinggi di Indonesia sejak tahun 2000 dengan nama Citra Satria dan berubah menjadi BSC sejak tahun 2013. Bandung Utama sendiri adalah klub bola basket di Kota Bandung yang berkompetisi di Divisi Utama liga PERBASI Kota Bandung.

Ketiadaanya klub bola basket NBL yang bermarkas di Bandung membuat kedua klub ini sepakat untuk merger dan bermarkas di Kota BANDUNG. Kedua klub ini resmi menggabungkan dirinya sejak bulan Juni 2012, segala persiapan menuju ke NBL musim 2014 pun sudah disiapkan walaupun BSC saat itu masih berkompetisi di NBL musim 2013

 

Profil NSH JAKARTA

Cleveland Cavaliers adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Cleveland, Ohio. Tim ini mulai bermain di NBA pada tahun 1970 sebagai sebuah tim baru.

Cleveland Cavaliers mengalah Golden State Warriors di game ke 7 final NBA pada 19 Juni 2016 setelah kalah 3 kali pada 4 game pertama final, membuat Cavaliers menjadi tim pertama dalam sejarah NBA yang berhasil mencapai prestasi tersebut. Cavaliers juga sudah menampilkan banyak legenda NBA, seperti LeBron James, Brad Daugherty, Zydrunas Ilgauskas, and Mark Price.

Nomor yang Pesnisun dari tim

#7 Bingo Smith
#22 Larry Nance
#25 Mark Price
#34 Austin Carr
#42 Nate Thurmond
#43 Brad Daugherty
#11 Zydrunas Ilgauskas

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tengah
  • Didirikan : 1970
  • Stadion : Quicken Loans Arena
  • Kota : Cleveland, Ohio
  • Warna tim : anggur(wine), emas, biru tua, putih
  • Maskot : Moondog
  • Pemilik : Dan Gilbert
  • Juara liga : 1 kali (2016)
  • Juara wilayah : 2 kali (2007, 2015, 2016)
  • Juara divisi : 4 kali (1976, 2009, 2010, 2015, 2016) 

Profil PACIFIC CAESAR

Pacific Caesar merupakan klub baru peserta NBL asalah surabaya. Klub ini mulai bergabung pada 2011-2012. Sebagai pendatang baru, tim ini memang lama bisa beradaptasi dengan ketatnya persaingan di NBL, namun sekarang mereka menjadi kekuatan yang menakutkan. Hal itu dibuktikan lewat Juara pada turnamen Jawa Pos Honda Pro Tournmaent 2016.

Superioritas Pacific Caesar Surabaya di Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016 tak terbendung hingga laga final. Menghadapi Flying Wheel Makassar di partai puncak, mereka akhirnya mengunci gelar juara setelah menang meyakinkan dengan skor 82-63, Sabtu (17/12).

Duel dua pemain asing memang terjadi pada laga ini antara Kevin Loiselle dan Dior Lowhorn milik Pacific menghadapi Jamaal Freeland dan Falando Jones milik FW. Namun, Loiselle dan Lowhorn membuktikan kualitas mereka lebih baik dari duo asing milik FW. Kedua pemain tampil luar biasa dan tak mampu dihentikan.

Lowhorn membuat double-double dengan catatan 24 poin dan 18 rebounds. Sementara Loiselle lebih istimewa lagi karena mampu membuat triple-double dengan 23 poin, 10 assists, dan 12 rebounds.

Hebatnya, Pacific sempat mengejutkan di kuarter pertama karena performa mencolok pemain lokal mereka Indra Muhammad. Dia membuat tiga dari empat tembakan tiga angka sukses di kuarter tersebut.

Playmaker Reiner Hutasoit juga berhasil mengontrol laga dengan sangat tenang ditambah ketajamannya yang terlihat jelas pada laga ini, sesuatu yang jarang terlihat olehnya sepanjang turnamen.

FW sendiri yang pada dua kuarter pertama masih mampu menjaga margin setidaknya tak mencapai 10, kendur di kuarter tiga dan empat. Falando dan Freeland memang berhasil mencatat poin tertinggi timnya, tapi efektivitas mereka tak sebaik laga-laga sebelumnya. Falando membuat 23 poin dan 8 rebounds, sementara Freeland dengan 12 poin dan 9 rebounds. Keduanya dijaga dengan baik oleh Pacific secara kolektif, tak hanya Lowhorn dan Loiselle saja.

Tak ayal Pacific pun mampu menang meyakinkan dan meraih gelar dengan rekor sangat sempurna dari awal turnamen

 

Profil PELITA JAYA

Keterlibatan Kelompok Usaha Bakrie dalam usahanya ikut membina prestasi olah raga nasional , sesungguhnya merupakan gagasan yang sudah lama. Malah sekarang sudah menjadi semacam obsesi sekaligus menjadi komitmen. Dasar pemikirannya, ini tidak lain adalah merupakan salah satu bentuk realisasi dari sumbangsih Keluarga Besar Bakrie terhadap masyarakat.

Seperti kita ketahui dan harus diakui bahwa Kelompok Usaha Bakrie mampu serta bisa berkembang seperti sekarang ini, tidak lain juga karena adanya dukungan yang datang tidak saja dari pemerintah, tapi juga masyarakat. Atas kesadaran inilah maka Kelompok Usaha Bakrie tidak bisa hanya memikirkan perkembangan usahanya saja. Melainkan harus pula memikirkan kepentingan masyarakat. Dengan kata lain, kita harus punya rasa tanggung jawab sosial. Artinya, sebagian keuntungan yang diperoleh perusahaan kita kembalikan kepada masyarakat.

Langkah konkret Kelompok Usaha Bakrie, sebagai perusahaan swasta nasional, lantas mendirikan yayasan yang bergerak, antara lain di bidang sosial, pendidikan, seni budaya dan olah raga. Khususnya di bidang olah raga, yang sudah mulai dirintis sejak 1983, dikenal dengan nama Perkumpulan Olah Raga Pelita jaya atau sekarang PB. Pelita Jaya. Ada 5 cabang olah raga prestasi yang dibina, yakni sepak bola, bulutangkis, bola basket, tenis dan renang

Setelah berjalan lebih dari 10 tahun, atlet-atlet PB.Pelita jaya terbukti sudah mampu mencetak prestasi dalam skala nasional maupun internasional. Mereka juga turut andil dalam mengharumkan nama bangsa dan negara, baik itu di arena SEA Games, Asian Games, ataupun Olympic Games.

Memang itu yang diharapkan serta menjadi target dari PB.Pelita Jaya maupun Kelompok Usaha Bakrie. Oleh karenanya, seluruh atlet, pelatin maupun official, diharapkan untuk senantiasa secara terus menerus memacu semangat berlatih guna meraih prestasi lebih baik lagi. Sebab, seperti diketahui, persaingan di tahun-tahun mendatang sudah tentu makin dekat dan berat.

Club Pelita Jaya Basketball

  • Address: Gedung Bakrie Tower 38th fl. Komp. Rasuna Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said
  • 12960 , DKI Jakarta
  • Website: www.pelitajayabasketball.com
  • Chairman: Andiko Ardi Purnomo
  • General Manager: Ronald H Simanjuntak
  • Founded: 1988

 

Profil SATRIA MUDA PERTAMINA

Satria Muda Pertamina adalah klub bola basket profesional yang bermain pada Liga Bola Basket Indonesia yang berasal dari Jakarta. Awalnya dikenal sebagai Satria Muda Mahaka (Mahaka merupakan yayasan menjadi sponsor awal), dan mengikuti Liga basket pertama Kobatama pada tahun 1993. Satria Muda Mahaka memenangkan gelar Kobatama lima tahun kemudian. Satria Muda kemudian bermain di Indonesian Basketball League pada 
tahun 2003.

Setahun kemudian, Bank Rakyat Indonesia, melalui merek BritAma, menjadi sponsor utama tim ini, dan sejak itu identitas tim berubah menjadi Satria Muda BritAma. Kemudian pada 2015, Pertamina, menjadi sponsor utama tim, dan nama tim kembali mengalami perubahan yaitu menjadi Satria Muda Pertamina.

Satria Muda telah memenangkan empat gelar domestik (2004, 2006, 2008 dan 2009) dan juga memenangkan Piala SEABA Champions pada tahun 2008 setelah mengalahkan Harbour Centre Batang Pier dari Asean Basket Powerhouse Filipina.

Satria Muda adalah salah satu dari enam tim pendiri pan-Asean bola pro liga pertama, yang dimulai bermain pada tanggal 11 Oktober 2009, tetapi masih akan tetap di Liga Basket Indonesia. Di ASEAN Basketball League, hal itu memungkinkan mereka untuk menambahkan dua pemain bantuan asing dan sampai tiga pemain dari negara-negara Asean. Ini selesai secara keseluruhan ketiga dalam klasemen musim reguler dan menjadi runner-up di musim perdana ABL, kalah dari Philippine Patriots, 0-3, dalam kejuaraan tersebut.

Pada musim 2010-11, Satria Muda dipecah menjadi dua tim. Satu bermain untuk ABL dan satu tim lagi untuk liga domestik NBL Indonesia. Tim yang berlaga di NBL akan terdiri dari pemain yang bertanding di ABL 2009-2010, sementara tim ABL baru adalah campuran dari pemain lokal baru, impor Filipina, dan impor Amerika. Tim NBL Satria Muda menang kejuaraan perdana NBL Indonesia dengan mengalahkan CLS Knights di final satu pertandingan, 67-50.

Satria Muda juga menjuarai turnamen Liga Bola Basket Indonesia pada tahun 2006 dan meraih peringkat kedua pada kompetisi bola basket Sister City di Jakarta pada tahun yang sama. Mereka memainkan permainan kandangnya di BritAma Arena yang terletak di Mahaka Square di Kelapa Gading, Jakarta Utara yang mampu menampung 7.000 orang.

Di musim reguler IBL 2006 Satria Muda kembali tampil sebagai juara setelah mengalahkan Aspac Putra Riau 2-0 dalam final yang menggunakan format game the best of three. Beberapa pemain Satria Muda tercatat pernah memperkuat tim nasional basket Indonesia yaitu Faisal Julius Achmad, Amin Prihantono, Wendha Wijaya, Rony Gunawan, Wahyu Widayat Jati, Dwui Eriano, Youbel Sondakh dan Denny Sumargo.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#32 Rony Gunawan

Profil SATYA WACANA

Senin, 5 Desember 2016 lalu IBL Indonesia mengadakan pemilihan pemain asing yang akan memperkuat 11 tim (1 tim 2 pemain asing) peserta liga yang diberi tajuk "IBL Draft Foreign Player 2017". Regulasi adanya pemain asing tersebut dimaksudkan agar liga berjalan lebih seru, persaingan antar tim lebih ketat dan animo masyarakat pecinta basket yang akan datang langsung ke venue pertandingan meningkat. Kurang lebih seperti itulah harapan dari pihak penyelenggara liga untuk season 2017 yang akan dimulai Seri perdana pada 20 Januari di GOR Kertajaya, Surabaya esok.

Kembali ke IBL Draft Foreign Player, dan seperti yang sudah diketahui melalui akun sosial media kami (Satya Wacana Salatiga), pada malam pemilihan tersebut kami mendapatkan urutan memilih ke-3 setelah CLS Surabaya dan Pelita Jaya Jakarta. Pada kesempatan First Round, kami menjatuhkan pilihan kepada Nate Maxey dan Justin Coleman pada kesempatan Second Round. Kemudian kami melakukan komunikasi intens dengan liga dan juga agen dari pemain bersangkutan terkait proses pengurusan keduanya agar dapat segera tiba di Indonesia. Namun kami memutuskan untuk mengganti Justin Coleman dengan Jarron Crump. Hal tersebut kami lakukan karena adanya beberapa masalah dan faktor dari pemain bersangkutan. Keputusan tersebut tentunya setelah kami menyampaikan permasalahn yang kami alami kepada pihak liga dan setelah mereka melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap pemain dan juga agen.

Dan hari ini Senin, 9 Januari 2017 Jarron Crump sudah bersama General Manager kami Martin Setyawan dan Operational Manager kami Zaki Iskandar di Jakarta guna menghadiri Press Conference yang sudah di agendakan oleh pihak liga. Sedangkan Nate Maxey sampai dengan berita ini diterbitkan sementara masih dalam penerbangan menuju Jakarta. Kedatangannya mengalami penundaan dari jadwal yang direncanakan karena adanya faktor non teknis yaitu cuaca di sebagian besar negara bagian Amerika Serikat yang sedang diterjang badai besar. Diperkirakan besok (Selasa, 10 Januari) ia akan tiba di Jakarta dan bergabung dengan pemain asing lainnya untuk menghadiri press conference. Rabu, 11 Januari dijadwalkan mereka berdua sudah tiba di Salatiga dan bergabung dengan Budi Sucipto dkk.

 

Profil W88.NEWS ASPAC

M88 Aspac adalah klub bola basket profesional Liga Bola Basket Nasional Indonesia (IBL Indonesia) dari kota Jakarta. Klub bola basket ini didirikan pada tahun 1986. Di pentas kompetisi basket tertinggi di Indonesia, sejak 1987, Aspac selalu memelihara tradisi masuk putaran final four.

Prestasi

Tingkat Nasional

  • 2000 - 2002 : Juara Kobatama (three-peat)
  • 2003 , 2005 : Juara IBL
  • 2012 - 2013 : Juara NBL Indonesia (back to back)

Tingkat Internasional

  • 1996 : Juara SEABA , Surabaya; Juara Piala Merlion, Singapura; Peringkat ke-5 ABC Championship, Manila.
  • 1997 : Peringkat ke-3 ABC Championship, Jakarta.
  • 2001 : Runner Up SEABA, Manila.
  • 2003 : Juara Sister City Piala Angsapura, Medan Peringkat ke-5 ABC Championship, Kuala Lumpur, Malaysia
  • 2004 : Semifinalis Negeri Sembilan, Malaysia Cup
  • 2006 : Peringkat III Jakarta Sister City Basketball Tournament
  • 2014 : Mewakili Indonesia di FIBA Asia Cup di Wuhan,

 

Profil INDIANA PACERS

Indiana Pacers adalah tim bola basket Amerika Serikat yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Conseco Fieldhouse, Indianapolis, Indiana. Nama Pacers diambil dari sejarah Indiana tentang seekor kuda balap yang disebut Pacers. Selain itu, Pacers juga terinspirasi dari mobil keselamatan (pace car) yang digunakan dalam balapan Indianapolis 500.

Sebelum menempati stadion Conseco Fieldhouse, Pacers pernah memiliki markas di State Fairgrounds (1967-1974) dan Market Square Arena (1974-1999). Pada tahun 1967, Pacers didirikan dan bergabung dalam kompetisi American Basketball Association (ABA). Pemain pertama yang bergabung dalam klub tersebut adalah Roger Brown, seorang pemain bintang satu-lawan-satu (one-on-one) yang berasal dari New York City dan bekerja di salah satu pabrik lokal. Hingga tahun 1976, Pacers telah berhasil memenangkan 3 gelar juara ABA. Selama berkompetisi di ABA, pemain Pacers yang paling menonjol adalah Mel Daniels yang mempperoleh 2 gelar pemain terbaik ABA. Saat ABA dan NBA melakukan merger pada tahun 1967, Pacers menjadi salah satu dari 4 tim yang bergabung dalam kompetisi NBA. Pada tahun 2000, Larry Bird memimpin Pacers sebagai pelatih untuk melajut ke Final NBA pertama kalinya. Pada tahun 2004/5, Reggie Miller, Jermaine O'Neal, dan Ron Artest membawa Pacers mencapai musim terbaiknnya di NBA dengan rekor menang-kalah 61-21.

Nomor yang Pensiun dari Tim
#30 George McGinnis
#31 Reggie Miller
#34 Mel Daniels
#35 Roger Brown
#529 Bobby "Slick" Leonard

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tengah
  • Didirikan : 1967
  • Stadion : Conseco Fieldhouse
  • Kota : Indianapolis, Indiana
  • Warna tim : biru, emas, abu - abu
  • Maskot : Boomer & Bowser
  • Pemilik : Herbert Simon
  • Juara liga : ABA: 3 (1970, 1972, 1973), NBA belum pernah juara
  • Juara wilayah : ABA 5 kali (1969, 1970, 1972, 1973, 1975), NBA 1 kali (2000)
  • Juara divisi : ABA 3 kali (1969, 1970, 1971), NBA 6 kali (1995, 1999, 2000, 2004, 2013, 2014)

Profil LA CLIPPERS

Los Angeles Clippers adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Los Angeles, California. Clippers memainkan laga kandang mereka di stadion Staples Center, stadion yang digunakan bersama dengan Los Angeles Lakers, Los Angeles Sparks (WNBA), Los Angeles Kings (National Hockey League (NHL)).

Tim ini pertama kali didirikan di tahun 1970 dengan nama Buffalo Braves. Pada tahun 1978, Braves pindah dari Buffalo, New York ke San Diego dan berubah nama menjadi San Diego Clippers. Tahun 1984, Clippers berpindah ke Los Angeles menjadi Los Angeles Clippers. Berbeda dengan Lakers, Clippers lebih sering mengalami kekalahan dibanding kemenangan.

Nasib Clippers mulai berubah di awal tahun 2010 dengan pemain inti Blake Griffin, DeAndre Jordan, dan Chris Paul. Pada tahun 2013, Clippers memenangkan juara divisi pertamanya. Begitu juga di tahun 2014.

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Pasifik
  • Didirikan : 1970
  • Stadion : Staples Center
  • Kota : Los Angeles, California
  • Warna tim : merah, putih
  • Maskot : Chuck the Condor
  • Pemilik : Steve Ballmer
  • Juara liga : belum pernah
  • Juara wilayah : belum pernah
  • Juara divisi : 2 kali (2013, 2014)

Profil LA LAKERS

Los Angeles Lakers adalah tim bola basket Amerika Serikat yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Los Angeles, California. Dulunya tim ini bernama Detroit Gems hingga diubah menjadi Minneapolis Lakers pada tahun 1947. Nama Lakers diambil dari kapal pengangkut kargo yang melewati Great Lakes. Pada tahun 1950, Lakers memenangkan gelar juara NBA untuk pertama kalinya. Pada tahun 1960, Mineapollis Lakers berpindah ke Los Angeles dan berganti nama menjadi LA Lakers. Sejak saat itu, Lakers menjadi tim NBA pertama di wilayah Pantai Barat. Musim terbaik Lakers diraih pada tahun 1971/72 ketika tim tersebut memecahkan rekor NBA dengan merebut 33 kemenangan berturut-turut. Musim tersebut diakhiri dengan rekor menang-kalah (69-13) dan Lakers keluar menjadi juara NBA.

Pada awal masuk NBA, Lakers memiliki markas di LA Sports Arena. Kemudian, pemilik tim yang bernama Jack Kent Cooke, membangun sebuah stadion berkapasitas 17,000 penonton yang dinamakan Great Western Forum (The Forum). Pada tahun 1978, tim dan stadion tersebut dibeli oleh Jerry Buss sebesar 67.5 juta dolar AS. Pada tahun 1999, Lakers memiliki markas baru yang dinamakan Staple Center. Dalam bimbingan pelatih Phil Jackson, LA Lakers meraih 5 gelar juara NBA dalam periode 2000-2010. Hingga tahun 2011, banyak pelatih dan pemain Lakers yang memperoleh penghargaan di NBA, di antaranya adalah Pat Riley, Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Shaquille O'Neal, dan Kobe Bryant.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#13 Wilt Chamberlain
#22 Elgin Baylor
#24 Kobe Bryant
#25 Gail Goodrich
#32 Magic Johnson
#33 Kareem Abdul - Jabbar
#34 Shaquille O'Neal
#42 James Worthy
#44 Jerry West
#52 Jamaal Wilkes

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Pasifik
  • Didirikan : 1946
  • Stadion : Staples Center
  • Kota : Los Angeles, California
  • Warna tim : ungu, mas
  • Maskot : tidak ada maskot
  • Pemilik : Jerry Buss
  • Juara liga : 16 (1949, 1950, 1952, 1953, 1954, 1972, 1980, 1982, 1985, 1987, 1988, 2000, 2001, 2002, 2009, 2010)
  • Juara wilayah : 31 (1949, 1950, 1952, 1953, 1954, 1959, 1962, 1963, 1965, 1966, 1968, 1969, 1970, 1972, 1973, 1980, 1982, 1983, 1984, 1985, 1987, 1988, 1989, 1991, 2000, 2001, 2002, 2004, 2008, 2009, 2010)
  • Juara divisi : 31 (1951, 1953, 1954, 1962, 1963, 1965, 1966, 1969, 1971, 1972, 1973, 1974, 1977, 1980, 1982, 1983, 1984, 1985, 1986, 1987, 1988, 1989, 1990, 2000, 2001, 2004, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012) 

Profil MEMPHIS GRIZZLIES

Memphis Grizzlies adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Memphis, Tennessee. Grizzlies memainkan laga kandang mereka di stadion FedExForum.

Grizzlies pertama kali terbentuk sebagai Vancouver Grizzlies, tim yang bergabung dengan NBA pada season 1995 – 96. Setelah akhir season 2000 – 01, Grizzlies berpindah ke Memphis.

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Tenggara
  • Didirikan : 1995
  • Stadion : FedExForum
  • Kota : Memphis, Tennessee
  • Warna tim : biru, emas
  • Maskot : Grizz
  • Pemilik : Robert Pera
  • Juara liga : tidak ada
  • Juara wilayah : tidak adaa
  • Juara divisi : tidak ada

Profil MIAMI HEAT

Miami Heat adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Miami, Florida. Heat memainkan laga kandang mereka di American Airlines Arena. Miami Heat terbentuk pada tahun 1988.

Nomor yang Pensiun dari Tim 

#10 Tim Hardaway
#23 Michael Jordan
#33 Alonzo Mourning

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tenggara
  • Didirikan : 1988
  • Stadion : American Airlines Arena
  • Kota : Miami, Florida
  • Warna tim : merah, kuning, hitam, putih
  • Maskot : Burnie
  • Pemilik : Micky Arison
  • Juara liga : 3 kali (2006, 2012, 2013)
  • Juara wilayah : 5 kali (2006, 2011, 2012, 2013, 2014)
  • Juara divisi : 12 (1997, 1998, 1999, 2000, 2005, 2006, 2007, 2011, 2012, 2013, 2014, 2016) 

Profil MILWAUKEE BUCKS

Milwaukee Bucks adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Milwaukee, Wisconsin.

Meski sudah berdiri sejak 1968, hingga kini baru sekali Milwaukee Bucks menjuarai NBA yakni tahun 1971. Meski sudah 13 kali menjuarai divisi tengah, Bucks sangat jarak lolos ke final wilayah. Selain saat menjadi juara tahun 1971, mereka baru sekali masuk final wilayah yakni tahun 1974.

Bucks banyak menampilkan banyak pemain yang patut diperhatikan seperti Kareem Abdul-Jabbar, Sidney Moncrief, Oscar Robertson, Bob Dandridge, Bob Lanier, Glenn "Big Dog" Robinson, Ray Allen, Sam Cassell, Junior Bridgeman, Michael Redd, Terry Cummings, Vin Baker, Jon McGlocklin, Marques Johnson, dan Brian Winters.

Nomor yang Pensiun dari tim

#1 Oscar Robertson
#2 Junior Bridgeman
#4 Sidney Moncrief
#10 Bob Dandriedge
#14 Jon McGlocklin
#16 Bob Lanier
#32 Brian Winters
#33 Kareem Abdul - Jabbar

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tengah
  • Didirikan : 1968
  • Stadion : Bradley Center
  • Kota : Milwaukee, Wisconsin
  • Warna tim : ungu, hijau, putih
  • Maskot : Bango
  • Pemilik : Wesley Edens, Marc Lasry
  • Juara liga : 1 kali (1971)
  • Juara wilayah : 2 kali (1971, 1974)
  • Juara divisi : 13 kali (1971, 1972, 1973, 1974, 1976, 1980, 1981, 1982, 1983, 1984, 1985, 1986, 2001)

Profil MINNESOTA TIMBERWOLVES

Minnesota Timberwolves adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Minneapolis, Minnesota.

Timberwolves berjuang keras di tahun-tahun awal, tetapi setelah mendapatkan Kevin Garnett diari NBA draft tahun 1995, Timberwolves masuk ke babak playoff 8 kali berturut-turut dari tahun 1997 sampai 2004. Tahun 2004, Timberwolves memenangkan kejuaraan divisi pertama kali. Pada season ini juga, Kevin Garnett mendapatkan penghargaan sebagai NBA Most Valueable Player. Tahun 2007 Garnett pindah ke Boston Celtics tetapi kembali lagi ke Timberwolves pada Februari 2015.

Nomor yang Pensiun dari TIm

#2 Malik Sealy

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Laut
  • Didirikan : 1989
  • Stadion : Target Center
  • Kota : Minneapolis, Minnesota
  • Warna tim : biru, hitam, silver, hijau, putih
  • Maskot :
  • Pemilik : Glen Taylor
  • Juara liga : belum pernah
  • Juara wilayah : belum pernah
  • Juara divisi : 1 kali (2004)

Profil NEW ORELANS PELICANS

New Orleans Pelicans (sebelumnya dikenal sebagai Charlotte Hornets dari tahun 1988 ke 2002, dan New Orleans Hornets dari tahun 2002 ke 2013) adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di New Orleans, Louisiana, tetapi pernah pindah sementara ke Oklahoma City, Oklahoma untuk musim kompetisi 2005-06 dan musim 2006-07 karena New Orleans terkena badai Katrina yang cukup parah. Pada musim 2007-08, Hornets kembali bermain di New Orleans Arena.

Sejarah New Orleans Hornets berawal dari Charlotte Hornets yang berdiri pada tahun 1988. Pada tahun 2002, Hornets pindah ke kota New Orleans sempat bernama New Orleans/Oklahoma City Hornets pada tahun 2005 hingga 2007 sebelum kembali jadi New Orleans Hornets hingga sekarang. Pada tanggal 18 April 2013, nama tim itu resmi berubah menjadi New Orleans Pelicans.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#7 Pete Maravich
#13 Bobby Phills

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Daya
  • Didirikan : 1988
  • Stadion : Smoothie King Center
  • Kota : New Orleans, Lousiana
  • Warna tim : biru navy, emas, merah, putih
  • Maskot : Pierre the Pelican
  • Pemilik : Tom Benson
  • Juara liga : belum pernah
  • Juara wilayah : belum pernah
  • Juara divisi : 1 kali (2008)

Profil NEW YORK KNICKS

Houston Rockets adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Houston, Texas. Nama Rockets dipilih pada sebuah kontes pencarian motto kota San Diego ketika klub tersebut masih berdomisili di San Diego. Kota tersebut merupakan tempat memproduksi roket Atlas yang digunakan oleh NASA. Ketika San Diego menjadi markas NASA, Rockets tetap mempertahankan nama tersebut walaupun telah berpindah ke Houston. Houston Rockets telah menjuarai kompetisi NBA sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1994 dan 1995, ketika dimotori oleh Clyde Drexler dan Hakeem Olajuwon.

Saat pertama kali bergabung di NBA pada tahun 1971/72, Rockets membawa Elvin Hayes (The Big E) yang merupakan bintang tim tersebut. Namun, setahun kemudian, Hayes ditransfer ke klub lainnya. Pada tahun 1975, Rockets mencapai babak playoff pertama dalam kompetisi NBA dengan dipimpin oleh Calvin Murphy dan forward Rudy Tomjanovich. Setahun kemudian, Moses Malone, pemain basket pertama yang masuk ke kompetisi profesional (American Basketball Association -ABA) setelah lulus dari SMA, bergabung dengan Houston. Bersama dengan klub tersebut, Malone menjadi pemain terbaik NBA dan membawa Rockets ke final wilayah Timur untuk pertama kalinya pada tahun 1977.

Pada 1984, Rockets men-draft Hakeem Olajuwon, yang membawa mereka mencapai 1986 Finals pada tahun kedua kariernya, dalam final tersebut mereka kembali dikalahkan oleh Boston Celtics. Pada tujuh season berikutnya, Houston Rockets gagal melewati babak pertama play-off sebanyak lima kali. Hingga akhirnya pada tahun 1994 Houston Rockets berhasil meraih gelar juara NBA untuk pertama kali, saat Olajuwon memimpin tim ini mencapai babak final. Mereka kembali meraih gelar juara pada 1995. Akan tetapi, selepas dua tahun kejayaan tersebut, Rockets tidak pernah lagi mencapai final, bahkan gagal mencapai babak play-off selama periode 1999–2003. Mereka baru mencapai play-off lagi setelah men-draft pemain China Yao Ming dan harus menunggu hingga 2009 untuk bisa lolos dari babak pertama play-off.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#22 Clyde Drexler
#23 Calvin Murphy
#24 Moses Malone
#34 Hakeem Olajuwon
#45 Rudy Tomjanovich

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Daya
  • Didirikan : 1967
  • Stadion : Toyota Center
  • Kota : Houston, Texas
  • Warna tim : merah, silver, hitam, putih
  • Maskot : Clutch the Bear
  • Pemilik : Leslie Alexander
  • Juara liga : 2 kali (1994, 1995)
  • Juara wilayah : 4 kali (1981, 1986, 1994, 1995)
  • Juara divisi : 5 kali (1977, 1986, 1993, 1994, 2015)

Profil OKLAHOMA CITY THUNDER

Oklahoma City Thunder adalah tim bola basket dari kota Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat yang tergabung dalam National Basketball Association. Thunder merupakan inkarnasi dari tim Seattle SuperSonics yang kini tidak lagi mengikuti kompetisi NBA . Tim ini mulai mengikuti NBA pada musim (2008-09) dengan pertandingan pertamanya adalah melawan Milwaukee Bucks (partai tandang), di mana mereka kalah dengan skor 98-87.

Meski merupakan sebuah tim inkarnasi, mereka tidak menggunakan lambang, warna, dan logo SuperSonics. Sejarah SuperSonics dahulu (1967-2008) juga akan di-shared ("dipakai bersama") antara Oklahoma City NBA maupun tim NBA yang baru di Seattle. Sementara pemain yang pada musim lalu berseragam SuperSonics (termasuk pemain yang di-draft oleh Sonics pada NBA Draft 2008) akan bermain untuk tim Oklahoma City. Manajemen tim dan pelatih kepala yang mengurus dan menangani tim Oklahoma City juga diambil dari Seattle Sonics.

NBA telah memberi deadline untuk mencari identitas baru bagi Oklahoma City NBA paling lambat September, namun NBA mengharapkan indentitas baru bagi tim ini akan diumumkan pada bulan Agustus. Meskipun ada sumber yang mengatakan dirinya dekat dengan grup pemilik NBA yang mengatakan kepada reporter bahwa tim ini akan dinamai Oklahoma City Thunder, tapi NBA memberi nama potensial bagi tim ini: Barons, Bison, Energy, Marshalls, Wind, and Thunder.

Akhirnya pada tanggal 3 September 2008, Oklahoma City NBA secara resmi diumumkan oleh ofisial tim bernama Oklahoma City Thunder dan telah ditentukan logonya. Sementara jersey dan maskot akan diumumkan pada akhir bulan September.

Nomor yang Pensiun dari Tim

Ketika Oklahoma City masih belum memensiunkan nomor jersey satupun, Seattle Sonics telah memensiunkan 6 nomor jersey, termasuk pula mikropon yang didekasikan kepada penyiar Bob Blackburn yang telah menjadi penyair Sonics sejak 1967 sampai 1992.

#1 Gus Williams, G, 1977–1984
#10 Nate McMillan, G, 1986–1998; Pelatih, 2000–2005
#19 Lenny Wilkens, G, 1968–1972; Pelatih, 1969–1972 & 1977–1985
#24 Spencer Haywood, F, 1971–1975
#32 Fred Brown, G, 1971–1984
#43 Jack Sikma, C, 1977–1986
# Mikropon Bob Blackburn, Penyiar, 1967–1992

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Laut
  • Didirikan : 2008
  • Stadion : Chesapeake Energy Arena
  • Kota : Oklahoma City, Oklahoma
  • Warna tim : Biru muda, orange, kuning keemasan, navy blue
  • Maskot : Rumble
  • Pemilik : Professional Basketball Club LLC (Clay Bennett, ketua)
  • Juara liga : 1 (1979)
  • Juara wilayah : 4 (1978, 1979, 1996, 2012)
  • Juara divisi : 10 (1979, 1994, 1996, 1997, 1998, 2005, 2011, 2012, 2013, 2014)

Profil ORLANDO MAGIC

Orlando Magic adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam NBA. Klub ini berpusat di Orlando, Florida. Nama Magic diambil dari Magic Kingdom (Kerajaan Keajaiban) yang ada di Walt Disney World, Orlando. Nama tersebut terpilih dalam sebuah kontes dengan mengalahkan pilihan lain, yaitu Tropics dan Juice.

Musim pertama Magic di NBA pada tahun 1989/1990 merupakan musim terburuk dengan rekor menang-kalah 18-64. Musim terbaik Magic diraih pada tahun 1995/96 dengan rekor menang kalah 60-22. Ketika itu, Magic mendapatkan pemain muda seperti Anfernee Hardaway dan Shaquille O'Neal yang membawa tim tersebut masuk ke final NBA untuk pertama kalinya. Pada tahun yang sama, O'Neal memutuskan untuk bergabung dengan LA Lakers. Menyusul kemudian pemain senior Dennis Scott, Nick Anderson, Anfernee “Penny” Hardaway juga keluar dari klub tersebut. Di musim 1999/2000, klub tersebut dibangun kembali oleh pelatih Doc Rivers yang menjadi pelatih terbaik NBA tahun 2000. Rivers memasukkan 11 pemain muda dengan pengalaman bermain 3 tahun atau kurang di NBA. Dia pun berhasil mendapatkan bintang NBA Grant Hill dan Tracy McGrady untuk membela Magic.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#6 "The Sixth Man - The Fans" (nomor ini tidak dipensiunkan pada musim 2001-02 untuk Patrick Ewing)
#25 "Nick Anderson"

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tenggara
  • Didirikan : 1989
  • Stadion : Amway Center
  • Kota : Orlando, Florida
  • Warna tim : Biru, putih, perak, hitam
  • Maskot : Stuff
  • Pemilik : RDV Sports, Inc.
  • Juara liga : -
  • Juara wilayah : 2 (1995, 2009)
  • Juara divisi : 5 (1995, 1996, 2008, 2009, 2010)

Profil PHILADELPHIA 76ers 

Philadelphia 76ers adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Philadelphia, Pennsylvania.

Nomor Yang Pensiun dari Tim :

#2 Moses Malone, C, 1982–1986 & 1993-1994 (never officially retired, but taken out of circulation)
#6 Julius Erving, F, 1976–1987
#10 Maurice Cheeks, G, 1978–1989; kini menjadi Pelatih Kepala sejak 2005
#13 Wilt Chamberlain, C, 1965–1968 (juga merupakan penduduk Philadelphia asli, dan Philadelphia Warriors, 1959–62)
#15 Hal Greer, G, 1963–1973 (1958–1973 jika karier bermainnya dengan Syracuse Nationals juga dimasukkan)
#24 Bobby Jones, F, 1978–1986
#32 Billy Cunningham, F, 1965–1972 & 1974-1975; Pelatih Kepala, 1977–1985 (tidak dipensiunkan untuk Charles Barkley selama musim 1991-1992).
#34 Charles Barkley, F, 1984–1992 Mikropon - Dave Zinkoff, public-address announcer, 1963–1985 (juga Warriors, 1946–1962)

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Atlantik
  • Didirikan : 1939. Bergabung dengan NBA tahun 1949.
  • Stadion : Wells Fargo Center
  • Kota : Philadelphia, Pennsylvania
  • Warna tim : Hitam, merah, emas, biru
  • Maskot : Hip-Hop
  • Pemilik : Comcast Spectator
  • Juara liga : 3 (1955, 1967, 1983)
  • Juara wilayah : 6 (1967, 1977, 1980, 1982, 1983, 2001)
  • Juara divisi : 11 (1950, 1952, 1955, 1966, 1967, 1968, 1977, 1978, 1983, 1990, 2001)

Profil PHOENIX SUNS

Phoenix Suns adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Phoenix, Arizona. Tim ini didirikan pada tahun 1968 dengan biaya ekspansi dua juta dolar AS. Nama Phoenix Suns keluar sebagai pemenang dalam proses pemilihan nama dan mengalahkan beberapa pilihan nama lainnya, seperti Scorpions, Rattlers, Thunderbirds, Wranglers, Mavericks, Mustangs, dan Cougars. Musim pertama Suns bermain di NBA merupakan musim terburuk tim ini dengan rekor menang-kalah 16-66. Rekor menang-kalah terbaik Suns adalah 62-20 yang dicapai pada musim NBA tahun 1992/93 dan 2004/05.

Pada tahun 1987, Jerry Colangelo menjadi pemilik Suns setelah dia memimpin sebuat grup kepemilikan yang membeli tim tersebut dengan harga 44 juta dolar. Hingga tahun 2011, Suns belum pernah mengantongi gelar juara NBA, namun tim ini memiliki sejumlah prestasi, yaitu 2 gelar juara wilayah, 6 gelar juara divisi, dan tampil di babak playoff sebanyak 29 kali. Beberapa penghargaan pernah diraih pelatih dan pemain Suns, di antaranya Cotton Fitzsimmons dan Mark D'Antoni (Pelatih terbaik 1989 & 2005), Alvan Adams, Walter Davis, dan Amare Stoudemire (Pendatang Baru Terbaik 1976, 1978, & 2003), serta Charles Barkley, dan Steve Nash (Pemain Terbaik NBA 1993 dan 2005).

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Pasifik
  • Didirikan : 1968
  • Stadion : US Airways Center (dulu America West Arena)
  • Kota : Phoenix, Arizona
  • Warna tim : Ungu, jingga, abu-abu
  • Maskot : Gorilla
  • Pemilik : Robert Sarver
  • Juara liga : -
  • Juara wilayah : 2 (1976, 1993)
  • Juara divisi : 6 (1981, 1993, 1995, 2005, 2006, 2007)

Profil PORTLAND TRAIL BLAZERS

Portland Trail Blazers adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam NBA. Mereka berpusat di Portland, Oregon. Blazers merupakan sebutan umum tim basket NBA Portland Trail Blazers yang berbasis di Portland, Oregon. Tim ini didirikan pada 1970. Sebelumnya mereka memiliki kandang di Memorial Coliseum sebelum pindah ke Rose Garden Arena pada 1995. Blazers telah tiga kali lolos ke final NBA namun hanya sekali memenanginya yaitu pada musim 1977. Mereka juga telah 25 musim lolos ke babak playoffs dan tiga kali menjadi juara wilayah serta empat kali menjadi juara divisi.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#1 Larry Weinberg
#13 Dave Twardzik
#14 Lionel Hollins
#15 Larry Steele
#20 Maurice Lucas
#22 Clyde Drexler
#30 Bob Gross
#30 Terry Porter
#32 Bill Walton
#36 Lloyd Neal
#45 Geoff Petrie
#77 Jack Ramsay

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Laut
  • Didirikan : 1970
  • Stadion : Rose Garden
  • Kota : Portland, Oregon
  • Warna tim : merah, hitam, silver, putih
  • Maskot : Blaze the Trail Cat, Blaze
  • Pemilik : Paul Allen
  • Juara liga : 1 kali (1977)
  • Juara wilayah : 3 kali (1977, 1990, 1992)
  • Juara divisi : 5 kali (1978, 1991, 1992, 1999, 2015) 

Profil SACRAMENTO KINGS

Sacramento Kings adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Sacramento, California. Dulunya tim ini berdomisili di Rochester, New York dan dikenal sebagai Rochester Royals yang didirikan pada tahun 1945 sebagai bagian dari National Basketball League (NBL). Pada tahun keduanya berkompetisi di NBL, Rochester merebut gelar juara. Setahun kemudian, Rochester berpindah ke kompetisi Basketball Association of America (BAA). Pada tahun 1951, Rochester Royals berhasil meraih gelar juara NBA. Sebelum akhirnya berpindah ke Sacramento pada tahun 1985, tim ini pernah beberapa kali mengalami perubahan nama, yaitu Cincinnati Royals, the Kansas City-Omaha Kings, dan the Kansas City Kings.

Pada musim 1985/86, Sacramento Kings berkompetisi di NBA untuk pertama kalinya dengan menggunakan markas Sacramento Sports Arena (kemudian dikenal sebagai ARCO Arena the Kings) yang berkapasitas 10,333 kursi. Dua tahun kemudian, Kings memiliki stadion baru berkapasitas 16,517 kursi yang juga dinamakan ARCO Arena. Di musim 2001/2, Kings mencapai musim terbaiknya di NBA dengan rekor menang kalah 61-21 dan menjadi juara wilayah Barat. Musim terburuk Kings di NBA dialami pada tahun 2008/09 dengan rekor menang-kalah 17-65.

Nomor yang Pensiun dari Tim

#1 Nate Archibald, G, 1970-76 (1970-72 di Cincinnati, 1972-76 di Kansas City)
2# Mitch Richmond, G, 1991-98 (Satu-satunya pemain Sacramento yang nomornya dipensiunkan)
#6 (Sixth Man) - "The Fans of Sacramento", 1985-present
#11 Bob Davies, G, 1948-55 (Semua di Rochester)
#12 Maurice Stokes, F, 1955-58 (mengakhiri karier karena cedera pada musim pertama tim ini di Cincinnati)
#14 Oscar Robertson, G, 1960-70 (semua di Cincinnati)
#27 Jack Twyman, F, 1955-66 (1955-57 di Rochester, 1957-66 di Cincinnati)
#44 Sam Lacey, C, 1970-81 (1970-72 di Cincinnati, 1972-81 di Kansas City)

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Pasifik
  • Didirikan : 1945
  • Stadion : Sleep Train Arena
  • Kota : Sacramento, California
  • Warna tim : Hitam, ungu, perak
  • Maskot : Slamson
  • Pemilik : Vivek Ranadive
  • Juara liga : 1 (1951)
  • Juara wilayah :
  • Juara divisi : 5 (1949, 1952, 1979, 2002, 2003)

Profil SAN ANTONIO SPURS

San Antonio Spurs adalah tim bola basket dalam National Basketball Association yang berpusat di San Antonio, Texas. Mereka telah memenangkan kejuaraan NBA sebanyak 5 kali, tahun 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014.

Mereka mulanya bernama Dallas Chaparrals dalam American Basketball Association (ABA) pada 1967. Kemudian diganti menjadi Texas Chaparrals pada musim pertandingan 1970-1971. Pada 1973 mereka dibeli oleh sekelompok pengusaha dari San Antonio yang terdiri dari 36 orang, dipimpin oleh Angelo Drossos dan Red McCombs dan diberi nama San Antonio Spurs.

Tim ini mulai menjadi salah satu tim kuat di Wilayah Barat ketika pada masa George Gervin, tepatnya pada tahun 1976-1985. Mereka menjadi tim langganan masuk playoff dan sering menjuarai divisinya, tetapi tidak pernah melaju ke Final NBA, setelah kalah dari tim seperti Washington Bullets, Boston Celtics, Houston Rockets, Los Angeles Lakers. Sepeninggal Gervin, Spurs memasuki masa-masa sulit dan Spurs sempat terancam akan pindah kota karena jumlah penonton menurun drastis dihitung dari 1985. Spurs mulai menemukan kembali kejayaan dengan adanya David Robinson di Spurs. Spurs kembali sering menuju playoff dan menjuarai divisinya, akan tetapi Spurs belum bisa merasakan Final NBA.

Masuknya Tim Duncan ke San Antonio Spurs benar-benar membawa berkah. Bersama David Robinson, mereka membentuk "menara kembar" yang ditakuti di NBA. Duet ini berhasil membawa Spurs menjuarai NBA untuk pertama kalinya pada tahun 1999. Duet ini, ditambah Tony Parker dan Manu Ginobili, Spurs berhasil menjuarai NBA kembali pada tahun 2003. Sehabis final, Robinson pensiun dari NBA. Meski demikian, Spurs masih bisa menjuarai NBA sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2005, 2007. Semakin menuanya tiga pemain utama mereka yakni Duncan, Ginobili, dan Parker, maka Spurs tidak lagi terlalu kompetitif hingga pada tahun 2013, dimana mereka kembali ke Final dan dikalahkan oleh Miami Heat dengan agregat 4-3. Akan tetapi pada tahun 2014, dengan lawan yang sama, Spurs berhasil menang dengan agregat 4-1. Dengan seringnya Spurs menjuarai NBA, banyak orang menganggap mereka telah mendirikan suatu dinasti di kompetisi NBA.

Nomor Yang Pensiun dari Tim

#00 - Johnny Moore, G, 1980-88 & 1989-90
#6 - Avery Johnson, G, 1991, 1992-1993, 1994-2001
#13 - James Silas, G, 1972-81
#32 - Sean Elliott, F, 1989-93 & 1994-2001
#44 - George Gervin, G, 1974-85 (Hall of Famer)
#50 - David Robinson, C, 1989-2003

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Daya
  • Didirikan : 1967
  • Stadion : AT&T Center (berganti nama dari SBC Center)
  • Kota : San Antonio, Texas
  • Warna tim : Hitam, perak, putih
  • Maskot : The Coyote
  • Pemilik : Peter Holt
  • Juara liga : 5 (1999, 2003, 2005, 2007, 2014)
  • Juara wilayah : 6 (1999, 2003, 2005, 2007, 2013, 2014)
  • Juara divisi : 20 (1978, 1979, 1981, 1982, 1983, 1990, 1991, 1995, 1996, 1999, 2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2009, 2011, 2012, 2013, 2014)

Profil TORONTO RAPTORS

Toronto Raptors adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Air Canada Centre, Toronto, Ontario. Tim ini bergabung dalam NBA sejak tahun 1994 ketika dimiki oleh seorang pengusaha, John I. Bitove. Bersama dengan Vancouver Grizzlies, kedua tim tersebut menjadi tim asal Kanada pertama yang berkompetisi di NBA sejak tahun 1946/47. Nama Raptors dipilih berdasarkan sejenis dinosaurus pemakan daging.

Di awal musim pertamanya, Raptors mempekerjakan Isiah Thomas, mantan pemain NBA yang merebut 2 gelar juara, sebagai pimpinan umum. Dulunya, tim ini memiliki markas bernama SkyDome, hingga pada tahun 1998 dipindahkan ke Air Canada Centre. Di musim NBA 19997/98, Raptors mengalami musim terburuk dengan rekor menang kalah 16-66. Hal ini dikarenakan banyaknya pemain yang cedera, terjadi beberapa pertukaran pemain, dan Isiah Thomas mengundurkan diri pada tahun yang sama. Raptors memiliki rekor menang kalah terbaik (47-35) pada tahun 2000/1 ketika diperkuat oleh Vince Carter dan pada tahun 2006/7 ketika dipimpin oleh Chris Bosh. Pada tahun 2006/7, untuk pertama kalinya Raptors keluar sebagai juara divisi Atlantik. Pelatih dan pemain NBA ternama yang pensiun saat membela Raptors adalah Lenny Wilkins dan Hakeem Olajuwon.

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Atlantik
  • Didirikan : 1995
  • Stadion : Air Canada Centre
  • Kota : Toronto, Ontario
  • Warna tim : Merah, hitam, perak, ungu
  • Maskot : The Raptor
  • Pemilik : Maple Leaf Sports & Entertainment Ltd.
  • Juara liga : 0
  • Juara wilayah : 0
  • Juara divisi : 3 (2007, 2014, 2015)

Profil UTHA JAZZ

Utah Jazz adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Salt Lake City, Utah. Nama Jazz diambil dari musik warisan kota Utah. Dulunya tim ini berbasis di New Orleans, Louisiana dan dinamakan New Orleans Jazz. NO Jazz bergabung dengan NBA pada tahun 1974 dan beberapa tahun menempati posisi bawah dalam daftar tim NBA. Selama bergabung dengan NBA, klub ini memiliki beberapa stadion, yaitu Salt Palace, Thomas-Mack Center, dan Energy Solutions Arena (Delta Arena).

Pada tahun 1979, pemilik tim memindahkan Jazz ke Salt Lake City. Posisi Jazz di daftar terbawah tidak banyak berubah dan klub tersebut mengalami musim terburuk di NBA dengan rekor menang kalah 24-58 pada musim 1979/80. Di pertengahan 1980-an, Jazz mendapatkan pemain muda John Stockton dan Karl Malone. Pada tahun 1994, John Stockton menyamai rekor yang assist yang dipegang oleh legenda NBA, Bob Cousy, sedangkkan Karl Malone menembus perolehan skor sebanyak 19.000 angka. Masih pada tahun yang sama, Jeff Hornacek juga bergabung bersama Jazz setelah pindah dari Philadelphia 76ers. Musim terbaik Jazz diraih pada tahun 1996/97, ketika tim tersebuk membukukan rekor menang-kalah 64-18 dan untuk pertama kalinya melaju ke final NBA. Setelah tahun 2000, Jazz yang ditinggal pensiun oleh pemain-pemain terbaiknya masih bersaing ketat di NBA dengan adanya bintang baru seperti Andrei Kirilenko, Carlos Boozer, dan Deron Williams.

Nomor Yang Pensiun dari Tim

#1 Frank Layden Pelatih Kepala, 1981-88
#4 Adrian Dantley, F, 1979–1986
#7 Pete Maravich, G, 1974–79
#12 John Stockton, G, 1984–2003
#14 Jeff Hornacek, G, 1994–2000
#32 Karl Malone, F, 1985–2003
#35 Darrell Griffith, G, 1980–91
#53 Mark Eaton, C, 1982–93

  • Wilayah : Wilayah Barat
  • Divisi : Divisi Barat Laut
  • Didirikan : 1974
  • Stadion : EnergySolutions Arena
  • Kota : Salt Lake City, Utah
  • Warna tim : Biru navy, biru ice, perak
  • Maskot : Bear Cave
  • Pemilik : Larry H. Miller
  • Juara wilayah : 2 (1997, 1998)
  • Juara divisi : 8 (1984, 1989, 1992, 1997, 1998, 2000, 2007, 2008)

 

Profil WASHINGTON WIZARDS

Washington Wizards adalah tim bola basket Amerika yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Washington, D.C..

Wizards merupakan sebutan untuk tim Washington Wizards yang bermarkas di Washington. Namun Wizards awalnya bernama Chicago Packers saat didirikan pada 1961-62. Kemudian mereka berganti menjadi Chicago Zephyrs (1962-1963), Baltimore Bullets (1963-1972), Capital Bullets (1973-1974), Washington Bullets (1974-1997).

Pada 1997, Bullets akhirnya berganti nama menjadi Washington dan kini menempati markas di Verizon Center. Selama perjalanannya Wizards, sekali meraih menjadi juara NBA, empat kali juara wilayah dam tujuh kali menjadi juara divisi.

Nomor Yang Pensiun dari Tim

#11 - Elvin Hayes, F, 1972-1981 (1972-1973 Baltimore)
#10 - Earl "The Pearl" Monroe G, 1967-1972
#25 - Gus Johnson, F, 1963-1972 (bermain di Baltimore)
#41 - Wes Unseld, C, 1968-1981 (1968-1973 Baltimore); Pelatih Kepala, 1987-1994

  • Wilayah : Wilayah Timur
  • Divisi : Divisi Tenggara
  • Didirikan : 1961
  • Stadion : Verizon Center
  • Kota : Washington, D.C.
  • Warna tim : Biru, putih, emas, hitam
  • Maskot : G-Wiz & G-Man
  • Pemilik : Abe Pollin
  • Juara liga : 1 (1978)
  • Juara wilayah : 4 (1971, 1975, 1978, 1979)
  • Juara divisi : 7 (1969, 1971, 1972, 1973, 1974, 1975, 1979

 

logo nba
PREDIKSIBASKET.COM merupakan situs khusus basket. Selalu menampilkan kabar terbaru seputar dunia basket, khususnya kompetisi NBA dan IBL. 
NBA (National Basketball Association) merupakan kompetisi basket paling bergengsi di dunia. IBL (Indonesian Basketball League) merupakan kompetisi basket paling bergengsi di Indonesia. 
prediksibasket.com juga melayani pembuatan akun SBOBET dan MAXBET secara GRATIS tanpa deposit terlebih dahulu. Anda bisa bertaruh disini dengan referensi yang jelas dan akurat. 
Prediksi Pertandingan Basket | Hasil Pertandingan Basket-Live Score| Klasemen-Peringkat Basket | Jadwal Pertandingan Basket | Profil Tim Basket | Profil Tim NBA | Profil Tim IBL | Berita Basket | Cuplikan Pertandingan Basket
semua tersaji disini

Agen Judi Slot Games Login Sbobet Indonesia Agen Mini Games Sbobet Mini Games Slot Sbobet Daftar Supersix Baccarat